6:33 AM
0
Belakangan ini di media sosial ramai tentang video yang menayangkan anggota Polantas bersikap diam saat pengendara menanyakan kesalahannya ketika ditilang. Menurut Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Kingkin Winisuda, S.H., SIK, melalui Ka. Subbag Tekinfo Dit Lantas Polda Metro Jaya, Kompol Purwono Takasihaeng, video tersebut tidak menyajikan kronologis lengkap dari awal sebelum ditilang.

"Pengendara itu melakukan pelanggaran lalu lintas, sehingga ditilang petugas Polantas," tutur Purwono, (7/6/2017).

Purwono menambahkan,  seharusnya pengendara tersebut menyadari kesalahannya dan menghargai kinerja polisi yang menilang pelanggar lalu lintas.

"Masih ada sebagian pengendara yang belum sadar aturan berlalu lintas, sehingga pelanggar lalu lintas kalau ditilang mencari pembenaran dengan argumen dan cara yang bermacam-macam," jelasnya.

Pihaknya berharap,masyarakat dapat lebih arif dan bijaksana melihat kejadian ini.

"Mari patuhi peraturan berlalu lintas, supaya ketertiban dan keselamatan dapat terwujud. Polisi tidak akan menilang pengendara, kalau pengendara itu tidak melanggar peraturan," tambahnya.

Ditempat terpisah,  Wakasatlantas wilayah Polres Jakarta Pusat Kompol Lilik mengatakan, bahwa petugas menilang pengendara, bukan karena pelanggaran lampu merah seperti yang diceritakan pada video berdurasi 3 menit 2 detik yang diunggah Facebook Reza Firmansyah pada Senin (5/6) lalu.

"Dia itu melanggar marka jalan. Dia mau lurus, seharusnya berada di jalur tengah, tapi dia mengambil jalur kanan. Pelanggaran seperti ini berakibat terjadinya kecelakaan, maka ditilang petugas," katanya.

Pelanggaran lalu lintas adalah pelanggaran terhadap ketetapan dari administrasi dan/atau pelanggaran terhadap ketetapan teknis oleh pengguna kendaraan sesuai ketentuan Peraturan Perundang-undangan lalu lintas yang berlaku. Dengan ini, Pelanggaran merupakan suatu tindakan yang tidak sesuai dengan aturan yang ada, baik dalam norma masyarakat atau hukum yang berlaku. Dalam hal ini pelanggaran lalu lintas adalah suatu tindakan baik sengaja ataupun tidak sengaja melakukan perbuatan untuk tidak mematuhi aturan-aturan lalu lintas yang berlaku. (Wim)

PERATURAN

BERITA TERBARU

NEWS

Silahkan hubungi kami!

BERITA POLRI