2:23 PM
0
"Ih lebaran gini kok banyak polisi, pasti mau nilang."

Komentar di atas sering terucap dari sebagian pengendara motor yang belum mengetahui beban tugas yang diembankan oleh polisi. Namun nyinyiran itu selalu dibalas senyum oleh polisi yang maksud keberadaannya di jalanan adalah untuk melayani dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, terlebih saat musim mudik lebaran.

Lebaran selalu menjadi moment yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Warga yang merantau memiliki tradisi melakukan perjalanan panjang baik dengan menaiki transportasi umum maupun kendaraan pribadi demi berkumpul dengan keluarga sambil menikmati hidangan ketupat. Sayangnya, tidak semua orang dapat menikmati moment lebaran dengan berkumpul bersama keluarga, itulah polisi.

Tuntutan tugas dan tanggung jawab membuat para polisi harus terpisah jarak dengan keluarga tercinta ketika lebaran tiba, seperti yang dilakukan oleh Pamenwas Pos Cek Point Tambun Bussiness Park, Bekasi, Kompol Mukidi. Pihaknya harus melayani pemudik yang melewati jalur arteri Tambun-Cikampek, yang difungsikan sementara dalam rangka memperlancar mudik lebaran.

"Saya bersama teman-teman harus merelakan tidak berkumpul bersama keluarga demi mengamankan dan memperlancar arus mudik," ujar Mukidi saat berbincang seputar pengalamannya menjadi polisi di Pos Cek Point Tambun, Jumat (23/6/2017).

Tampak beberapa personel yang mengenakan rompi hijau berdiri mengatur lalu lintas dan beberapa polwan yang menyapu dan membersihkan sampah di lingkungan pos cek point.

Melalui perangkat komunikasi radio Handy Talky (HT), ia berkali-kali mengarahkan anggotanya supaya mengecek titik kemacetan.

Bagi Mukidi melayani masyarakat yang mudik ke kampung halaman adalah suatu kebanggaan tersendiri, terutama saat bertemu dengan pemudik yang kerap kali mengucapkan terima kasih kepada petugas.

"Pemudik yang mampir istirahat di pos ini tak jarang menyampaikan terima kasih kepada kami. Mereka senang dengan keberadaan kami. Saat mendengar mereka berterima kasih,  kami merasa bangga. Jadi kami harus memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, anggota lalu lintas Polda Metro Jaya yang diperbantukan di Pos Cek Point Tambun, Aipda Adi mengatakan bahwa baginya tidak mudik saat lebaran adalah resiko anggota polri, meskipun sebenarnya dia tetap merindukan berkumpul bersama anak dan istri.

"Setiap lebaran, selalu jaga di jalanan. Kami hanya berpikiran memberikan yang terbaik buat masyarakat. Doa kami,  semoga mudiknya lancar dan aman" ujarnya.

Korps baju cokelat menjadi pelindung yang selalu siap siaga ketika musim mudik lebaran tiba. Bahkan jauh hari sebelum lebaran selalu dilaksanakan operasi ketupat dan operasi ramadaniya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Semua itu dilaksanakan demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bagi warga yang mudik ke kampung halaman. (Wim)
















PERATURAN

BERITA TERBARU

NEWS

Silahkan hubungi kami!

BERITA POLRI