2:48 AM
0
Sebagai salah satu upaya menjaga keamanan dan kenyaman pengemudi dalam berkendara di jalan tol, malam ini, pukul 22:20 WIB, Selasa, (18/08/2015) PJR Kepolisian, Dinas Perhubungan dan Jasa Marga tengah melakukan penertiban terhadap kendaraan truk yang bermuatan lebih (overload). Kegiatan ini dilakukan di KM 2.800 ruas jalan tol Jatiwaringin arah ke Halim.

Kanit PJR Polda Metro Jaya, Iptu Bambang Krisnady mengatakan, operasi penertiban ini dilakukan selain untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan tol lainnya, juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

"Kendaraan bertonase melebihi kapasitas kerap melaju di bawah kecepatan minimum, maka arus kendaraan yang melintas di jalan tol menjadi tersendat. Selain tidak nyaman, juga berpotensi terjadinya kecelakaan," ujarnya. 

Pihaknya menjelaskan, penertiban kendaraan ini juga dimaksudkan untuk menjaga kualitas jalan tol agar tetap terjaga dengan baik. Dalam melakukan operasi ini nantinya petugas akan menghentikan kendaraan yang berjalan lambat dan melakukan pengukuran beban tonase menggunakan alat timbang portable. Sanksi yang akan diberikan adalah penilangan terhadap pelanggar.

"Kendaraan overload yang terus menerus melewati jalan tol dapat merusak kontur jalan, oleh karenanya truk yang terdeteksi kelebihan beban akan langsung kami Tilang," tandasnya.

Penertiban kendaraan overload di tol menjadi prioritas sehingga jalur-jalur infrastruktur yang menopang perekomonian nasional bisa tetap terjaga kondisinya. (Wim)

    IPTU Bambang Krisnady memberi arahan sebelum pelaksanaan operasi penertiban kendaraan overload 

IPTU Bambang Krisnady mengecek kendaraan yang diduga kelebihan beban

IPTU Bambang Krisnady menimbang kendaraan dengan alat timbang portable

Kendaraan yang bertonase melebihi batas kapasitas ditilang oleh petugas Polri


Kendaraan yang bertonase melebihi batas kapasitas ditilang oleh petugas Polri

PERATURAN

BERITA TERBARU

NEWS

Silahkan hubungi kami!

BERITA POLRI